Soto mie with ‘walang sangit flavor’

22 03 2007

Dapat jadwal kerja shift siang bikin gue keburu-buru berangkat ke kantor sampai nggak sempet makan siang. Padahal ibunda tersayang udah nyiapin makan buat ananda, tapi karena takut telat sampai di kantor terpaksa deh… makanan ibunda nggak ditengok.

Ngelewatin tengah hari bolong di Jakarta bikin kepala pusing, untung aja nggak ada macet. 45 menit waktu tempuh dari rumah gue yang ada di pinggiran ibukota sampai ke jantung kota (kebetulan kantor gue deket-deket Monas).

Biarpun nggak macet, tapi tetap aja badan basah sama keringet. Belum lagi cari parkiran, naudzubillah susahnya. Ffuiih…

Buru-buru mau absen, karena gue mau langsung makan siang. Baru mau naik lift tiba-tiba amprokan sama temen seruangan –mbak Ida sama Rika– yang mau makan siang ke jalan Sabang.

Wah kebetulan nih. “Hm… boleh nggak nitip gado-gado,” tanya gue sambil cengar-cengir. “Nggak makan ke jalan Sabang, mau beli soto mie aja yang di dekat lampu merah,” jawab Rika.

Sebenarnya gue lagi kepengen makan gado-gado, tapi karena malas keluar, ya.. terpaksa nitip juga deh soto mie. “Mau nggak soto mie, kalau mau ntar kita beliin,” sahut mbak Ida. “Ok deh titip soto aja,” jawab gue tanda setuju. Padahal apa enaknya makan soto mie pas udara lagi panas-panasnya, ada juga kalo hujan, baru enak.

Terus terang, gue tuh jarang banget beli soto disitu, kalo lagi kepengen gue biasanya beli di soto mang Atu di daerah Sabang atau kalo enggak soto Betawi di pasar senggol belakang gedung BDN.

Buat orang seumuran gue, makanan kayak gini mestinya udah jadi pantangan. Tapi bener deh, makan berkolesterol emang yummi. Setengah jam lewat, tapi soto mie yang dinanti tak juga kunjung tiba. Waduh mbak Ida sama Rika nggak tahu kalo stomach can’t wait.

Ya udah… sambil nunggu makan siang, nyempet-nyempetin nge-browsing. Tapi nggak lama sih, abis nggak enak sama bos. Mosok dia kerja, gue browsing.

Tiba-tiba pintu berdenyit, kepala mbak Ida sama Rika nongol dari balik pintu. Akhirnya datang juga tuh soto. Buru-buru nyiapin piring sama mangkok nggak lupa segelas air putih. Mau tanya, sebenarnya air putih apa air bening sih? Ah… udahlah itu nggak penting. Nasi plus soto mie digelar, tambah kecap, sambal sama jeruk limo.

Asupan pertama hm… enak, kedua sama, ketiga idem ditto. Pas suapan keempat tiba-tiba lidah gue ngerasain sesuatu yang nggak biasa. Pfuiih… pfuiih… apaan nih? Kontan gue keluarin semua yang masih ada di mulut. Gue nggak terusin tuh makan, udah nggak selera lagi.

Gue coba-coba inget, yang gue makan tadi apaan? Kayaknya udah pernah tuh ngerasain yang begituan di rumah. Cuk ternyata… walang sangit sialan! Namanya aja udah pake ‘sangit’.

Nih abang yang jualannya gimana sih, pesennya soto daging sampi, malah dikasih daging walang sangit. Sepet tau! Ya udahlah gue terima aja ‘ketidaknikmatan’ makan siang hari ini, karena awalnya memang gue nggak mau makan soto mie, pengennya kan gado-gado. Rasanya gue kualat sama ibunda, karena nggak nyolek makanan buatannya secuil pun.

Eh, ngomong-ngomong bisa nggak ya… soto mie with ‘walang sangit flavor’ memperkaya ‘partiture de cuisine’ nusantara. (*)

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

