Kiamat sudah dekatkah?

26 02 2008

Masih ingat sinetron Kiamat Sudah Dekat?

Sineas senior, Deddy Mizwar membuat sekuel religius Kiamat Sudah Dekat (KSD) begitu fenomenal.

Harapan masyarakat akan sebuah sinetron yang berkualitas pun terwujud. Di saat sinetron-sinetron yang menawarkan pola hidup hendonisme, klenikisme dan materialisme terus menyerbu rumah-rumah kita, Pak Haji –demikian beliau disapa– justru melawan arus.

Sinetron yang dikemas menarik meski sarat dengan pesan-pesan moral tersebut ternyata mampu memuaskan dahaga pemirsa akan sebuah tontonan yang cerdas dan mendidik.

Kemungkinan Pak Haji tidak mau didikte oleh selera pasar dan para produser berkantong tebal. Ia lebih memilih bermain dan menyutradari sendiri KSD. Dan utamanya, bisa menyuguhi tontonan bermutu yang islami.

KSD mendapat respon sangat positif dari masyarakat. Sampai-sampai orang nomor satu di negeri ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjadi salah seorang penikmat sinetron garapan Deddy Mizwar itu dan pak presiden-pun berkesempatan mengudang Pak Haji dan seluruh kru KSD berkunjung ke istana.

Lalu apa hubungannya KSD dengan kejadian akhir jaman atau kiamat?

Saya sendiri tidak tahu persis adakah korelasi antara sebuah judul sinetron dengan kejadian kiamat sesungguhnya. Namun setidaknya gambaran kiamat-nya Pak Haji Deddy Mizwar bisa membuat kita semua tersadar, bahwa kiamat memang sudah dekat.

Belum lama ini sebuah jurnal di Inggris, astrophysics atau pada http://uk.arxiv.org telah merilis sebuah berita yang maha penting.

Isinya, konon bumi akan terpanggang dan kemudian ditelan oleh matahari yang sekarat. Namun demikian, anda jangan cepat panik, karena menurut para astronom kematian planet bumi masih lama, yakni 7,6 miliar tahun lagi.

Versi lain lagi soal kapan terjadinya kiamat adalah tentang adanya planet lain yang bergerak memasuki orbit dalam sistem tata surya kita. Para ilmuwan menamakan planet ini sebagai Planet X atau Nibiru.

Gerakan yang saling menghampiri antara bumi dan Planet X dalam lintasan orbit yang sama, diperkirakan akan menimbulkan tubrukan hebat antara keduanya. Scientists called it: end of day.

Dikatakan, 50 tahun lagi Planet X ini akan memasuki orbit tata surya atau solar system sejak planet itu ditemukan tahun 2003. Artinya kiamat bisa terjadi pada tahun 2053. Kalau dari sekarang berarti usia dunia tersisa 45 tahun lagi. Tapi ini pendapat para ilmuwan lho, bukan pendapat saya.

Dua prediksi kiamat diatas merupakan kalkulasi dari sudut pandang ilmu pengetahuan, bukan dari sisi keimanan atau dari sumber ilmu agama. Boleh saja, pendapat ilmuwan tersebut ditolak mentah-mentah.

Beberapa sekte keagamaan juga meramalkan tentang datangnya hari akhir tersebut. Seperti Jemaat Sekte Kiamat yang ada di Bandung meramalkan kiamat terjadi pada 10 November 2003.

Lalu pada tahun 1992 seorang pendeta Kristen di Seoul, Korea Selatan mengatakan bahwa kiamat akan tiba pada bulan Oktober 1992. Pendeta itu menyarankan kepada jemaatnya untuk menjual semua harta benda mereka termasuk rumahnya.

Di Selangor, Malaysia diberitakan 200 murid dan guru sekolah agama Islam telah melihat tanda-tandanya kiamat, ini terjadi pada Juli 1992.

Dari contoh kejadian diatas, bagaimana sikap kita sebagai muslim?

Setiap muslim kita wajib mengimani Rukun Iman. Rukun keenamnya adalah percaya akan datangnya hari akhir.

Hari Kiamat tak terhindarkan lagi pasti akan terjadi sebagaimana diberitakan dalam Al Qur’an surat Al Hajj ayat 7, “Dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya…”

Kapan terjadinya kiamat? Itu rahasia Allah SWT. Kita cuma bisa mengetahui tanda-tanda kedatangannya. Rasulullah sendiri juga tidak tahu kapan datangnya kiamat. Bisa besok, sepuluh, seratus atau seribu tahun lagi. Wallahualam.  (*)

Iklan

Aksi

Information

2 responses

11 02 2009
mohd fuad othman b jahidin

Sudah tiba masanya kita untuk bangkit…IRAN akan menentukannya,sungguh ia mengekkan kebenaran dan memperjuangkan kebenaran..Firman Allah : ” Aku tidak akan mengubah nasib sesuatu kaum itu selagi mana mereka sendiri tidak mengubahnya” (al-ra`d : 11)
” Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuataan apa sahaja yang kamu sanggup dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan) itu kamu akan menggerunkan musuh-musuh Allah,musuhmu dan orang-orang selain mereka yang tidak mengetahuinya..”(al-Anfal:60)
sabda Rasulullah saw ” sesungguhnya Orang beriman yang kuat lebih disukai dan dicinta Allah SWT dari orang beriman yang lemah”
“Barang siapa yang tidak peduli akan nasib saudara muslimnya,maka dia bukan daripada golongan mereka..” riwayat bukhari dan muslim”
“aku tinggalkan dua yang kalian tidak akan sesat jika berpegang selamanya dengannya Al-Quran dan Sunnahku..
Amin,,,masa utk kita berjihad sebelum kita ditakluki Yahudi dan Nasrani !!!

Sesungguhnya Allah akan mengangkat suatu kaum dengan kitab ini dan akan menjatuhkannya dengan kitab ini pula” HR Muslim dari Umar bin Khatthab.

Sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh Imam Abu Daud di dalam sepotong hadith, kelemahan yang dialami para pejuang Muslim berpunca dari penyakit “Cinta Dunia dan Takut Mati”. Ingatlah kata-kata perangsang seorang sahabat, Abdullah ibn Rawaha ra, sewaktu perang Mut’ah di mana hanya 3000 pejuang Islam bertempur dengan seramai 200,000 orang tentera Rom dan Quraisy:

“Teruskanlah niat kamu, pasti kamu akan mendapat salah satu daripada dua: Menang atau mati syahid (di jalan Allah).”

“Allah berfirman: Kamu tidak tinggal (di dunia) melainkan sedikit masa sahaja, kalaulah kamu dahulu mengetahui hal ini (tentulah kamu bersiap sedia).” [Surah al-Mu’minun, ayat 114]

1 03 2009
YAN JUSUF GANI

SUNGGUH BAGUS ARTIKELNYA…
TAPI INGAT…
HANYA ALLAH JUALAH YANG MAHA MENGETAHUI KAPAN KIAMAT ITU TERJADI…
KALAU KATA ‘KUN’ TELAH TERUCAP…
MAKA KIAMATPUN BISA SAJA TERJADI SEKARANG INI…
ISLAM MEMANG SELARAS DENGAN ILMU PENGETAHUAN…
TAPI INGAT JUGA…
DIDALAM ISLAM… KITA DITUNTUT MENGGUNAKAN LOGIKA IMAN… BUKAN HANYA LOGIKA MANUSIA YANG PENUH DENGAN KETERBATASAN INI….
WAALLAAHU A’LAM BISHAWAB….

KETIKA RASULULLAAH DITANYA SEORANG SAHABAT BELIAU SAW…. KAPAN KIAMAT ITU TERJADI…?
BELIAU SAW MENJAWAB : “HANYA ALLAH SAJALAH YANG MAHA MENGETAHUINYA”…
DAN KETIKA BELIAU DITANYA KEMBALI SEBERAPA JAUHKAH JARAKNYA… ANTARA KIAMAT DAN UMMAT BELIAU SAW…
NABIYULLAAH SAW… KEMUDIAN MEMBERIKAN PERUMPAMAAN DENGAN MENGANGKAT DAN MENUNJUKAN KEDUA JARINYA… YAITU JARI TELUNJUK DAN JARI TENGAH DENGAN POSISI SALING MENEMPEL…
KEMUDIAN BELIAU BERSABDA:
PUNCAK JARI TENGAH ADALAH WAKTU HARI KIAMAT TIBA… SEMENTARA PUNCAK JARI TELUNJUK ADALAH DIMANA ZAMAN UMMATKU BERADA… (H.R BUKHARI & MUSLIM)….
ARTI DARI HADITS TERSEBUT ADALAH…
JIKA DIZAMAN RASULULLAAH SAJA SUDAH SEDEMIKIAN DEKAT…APATAH LAGI DIZAMAN KITA SEKARANG INI…
KITA TIDAK PERLU MEMPERSOALKAN KAPAN KIAMAT ITU TIBA… ITU BUKAN HAL YANG PRINSIP… KARENA MEMANG PASTI TERJADI…
YANG MENJADI PERSOALAN ADALAH… BAGAIMANA KITA AKAN MEMPERTANGGUNG JAWABKAN AMAL PERBUATAN KITA SELAMA DI DUNIA INI DI HADAPAN ALLAH SWT KELAK… SUDAH SIAPKAH KITA MENGHADAPINYA..???… INI YANG PRINSIP…!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: