Hillsborough 19 tahun silam

16 04 2008

 

Semifinal piala FA 19 tahun silam, tepatnya 15 April 1989 menjadi tragedi yang paling menyayat hati buat pendukung Liverpool. Pertemuan antara the Reds melawan Nottingham Forest di semi final yang harusnya enak dinikmati tiba-tiba berubah menjadi kuburan massal buat liverpudlian.

Akibat massa yang berlebihan dan berebut masuk ke Hillsborough, sementara kapasitas stadion milik klub Sheffield Wednesday yang nggak memadai menyebabkan 96 liverpudlian tewas terinjak dan tergencet diantara mereka sendiri. Perlu diluruskan, penyebab kematian mereka bukan bentrok antar-suporter, melainkan terhimpit antara pagar tinggi dan dorongan ribuan suporter yang berebut masuk stadion.

Dari 96 suppoter yang meninggal terdiri dari 89 laki-laki dan 7 perempuan. Umumnya berusia dibawah 30 tahun. Seorang yang meninggal adalah Jon-Paul Gilhooley yang berusia 10 tahun. 730 orang mengalami luka-luka di tengah lapangan.

Acara “100 Days That Shook The Kop” yang dibuat www.liverpoolfc.tv menempatkan tragedi Hillsborough di urutan pertama momen paling bersejarah buat seluruh keluarga besar the Reds. Mengalahkan pamor perjalanan sejarah klub asal kota pelabuhan ini, mengalahkan tragedi Heysel, bahkan tanggal kelahiran klub itu sendiri.

Setiap 15 April di Anfield selalu diadakan memorial service di the Kop untuk mengenang korban Hillsborough dan di logo Liverpool pun terdapat dua “fire caldron” di kanan-kiri sang burung hati, liverbird yang menggambarkan api abadi untuk mengenang korban Hillsborough.

Setiap mengenang kejadian itu, siapapun orangnya tak ada yang merasa kuat menahan air mata dan emosi. Dan kepasrahan 96 nyawa yang melayang waktu itu semoga tak sia-sia.  Never forgotten RIP96.  

Walk on…
Walk on…
With hope in your heart,
and You’ll Never Walk Alone,
You’ll Never Walk Alone…

 

 

Iklan

Aksi

Information

2 responses

2 05 2008
titov

—-96 R.I.P. 96—-
0o-never forgotten-o0
“you’ll never walk alone”

12 09 2008
anastom.sy

wah pak imung kayaknya pengemar the red banget.
gue baru tahu api dilambang the red adalah api abadi untuk mengenang tewasnya fans the red.

kemaren2 kita jadi rival, gue penggemar chelsea, waktu ama maurihno. sekarang nggak lagi.

gue pindah ke inter.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: