Selamat jalan bung…

21 07 2008

“Bung anda punya obat turun panas nggak, badan saya panas” tanya Eri Jumat sore itu.

“Nggak ada bung, ada juga obat batuk, tapi ada penurun panasnya juga,” jawab saya sambil memperlihatkan kemasan obat batuk tersebut.

“Ah.. saya nggak biasa minum obat batuk,” jawabnya lagi. “Tapi obat turun panas saya nggak punya bung.” kata saya lagi.

Saya dan Eri memang saling membiasakan diri dengan memanggil bung.

Saya memanggil dengan bung Eri dan diapun memanggil saya dengan bung Imung. Supaya kesannya muda dan patriotik kali ya… ?

Beberapa detik kemudian dia kembali berbicara kepada saya, kali ini dia menanyakan, “Bung anda pernah mengalami panas kayak gini nggak.”

“Pernah bung, saya pernah… waktu itu sekujur tubuh saya panas seperti direbus, dan nggak lama muncul benjolan-benjolan berwarna merah,” timpal saya lagi.

“Oh… kalo saya nggak, badan saya cuma panas aja,” sahutnya. “Kalo gitu saya minta obat batuknya sedikit aja bung,” tambahnya lagi. Saya pun menuangkan cairan obat batuk ke dalam sendoknya.

“Kalau nggak sehat buru-buru pulang aja bung,” saran saya kepadanya. “Iya sebentar lagi nih,” jawabnya.

Nggak berapa lama kemudian saya ijin kepadanya untuk pulang.

Itulah percakapan terakhir saya dengan Eri Supriadi, rekan kerja dan atasan saya di divisi ini. Divisi Multimedia Gateway. Karena keesok harinya beliau dipanggil Sang Khalik dalam usia yang masih muda, 41 tahun. Inalillahi wa inailaihi raajiun.

Rekan Oktora adalah orang pertama yang mengabari saya soal kepergian si bung yang pendiam itu hari Sabtu sekira jam tiga sore.

Empat tahun sudah saya berpartner dengan bung Eri di divisi ini dengan segala suka-dukanya. Kami berdua memang tipe orang-orang yang introvert dan nggak terlalu banyak omong dalam bekerja. Kami lebih menyukai duduk di tempat masing-masing dan mengerjakan apa yang bisa dikerjakan.

Setiap harinya pun kami jarang sekali berbicara untuk hal-hal yang tidak perlu. Paling kalau saya menanyakan sesuatu, biasanya ada pembicaraan.

Memang nggak enak buat banyak orang dengan suasana kerja seperti ini. Tapi buat saya dan si bung, menjalankan kondisi kerja seperti ini selama bertahun-tahun sudah terbiasa. “Yang penting hasil kerja, bukan omongnya,” begitu kata bung suatu kali kepada saya.

Baca entri selengkapnya »





Banyak partai banyak rejeki

17 07 2008

 

 “Wah… taun depan bakalan ada pemilu lagi ye bang?” tanya mpok Indun ke bang Sanip, lakinye nyang tukang ojek sore itu.

“Iye emang kenape, elu pake tanya kayak gitu segala,” jawab Sanip sambil ngelapin motornya yang abis dicuci.

“Kagak sih bang, cuma itu nyang ikut tambah ngejublek aje. Masak sampe 34 partai banyaknye, ntar gimane nyoblosnya, banyak yang bingung deh,” timpal Indun sok tau.

“Emang peraturannye kayak gitu, setiap orang bisa bikin partai ye.. kagak ape-ape kan, nyang penting ada modal sama ade pengurusnye,” kali ini Sanip nyaut lagak kayak pengamat.

Emang bener, Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari Senen tanggal 7 Juli 2008 udah netapin 34 parpol nasional dan enam parpol lokal Aceh nyang lolos verifikasi dan bolehnye ikuti Pemilu 2009.

“Tapi Ndun, gue nggak abis pikir, kenape elu ujug-ujug nanyain soal pemilu segala, emang elu mau daptarin partai juga?” tanya Sanip rada-rada bingung gaya bininye.

“Kagak begitu bang, pemilu taun kemarin aje, yang cuman 24 partai, aye sama si Udin dapet duit lumayan banyak, tuh buat beli kompor sama rak jemuran,” jawab Indun sembari cengengesan. “Jadi kalo sekarang nambah jadi 34 partai, coba abang kan bisa bayangin, kita mau beli ape lagi,” sahut mpok Indun bersemangat.

“Ntar dulu, gue bingung ape hubungan pemilu sama elu beli-belian. Emang elu dikasih pesenan buat bikin kaos, ape dapet order nyiapin konsumsinye. Ape elu juga bolehnye jadi jurkam,” kata bang Sanip keheranan.

“Yee abang emang kagak tau, kalo aye ame si Udin taun kemarin, kalo ikut kampanye dikasih duit satu orang dua puluh rebu perak sama panitia, coba deh abang itung empat puluh rebu dikali 24 partai. Udah gitu dapet kaos lagi,” jelas Indun.

“Udah gitu, satu partai juga kagak cuma sekali kampanyenye, bisa diulang-ulang. Nah kalo cuman 24 partai aja aye bisa dapat duit segitu banyak, gimane 34 partai,” mulut Indun terus nyerocos persis jurkam.

Baca entri selengkapnya »





Ke-sendiri-an

5 07 2008

Dalam ruang hampa pasti
Tak ada yang terkhianati
Hanya sisa perasaan hati
Berbuah sendiri dan emosi

Hari ini merenung sendiri
Esok berjanji ubah pekerti
Namun hati terasa terbebani
Biar jiwa berbudi, empati pergi

Tengoklah relung dalam hati
Masihkah dijumpai makna diri
Sudah jauhkah langkah dijalani
Hidup begitulah selalu terampuni

Sekat asa yang tetap menghalangi
Bagai duri bersemayam tersembunyi
Laku hidup terus seakan berlari
Lepaskan hati ke alam bebas lagi

Yang terjadi biarlah membumi
Layu, mekar bersemi kembali
Sisi hidup mudah datang, mudah pergi
Meski rasa berkalut kalbu sepi

Hati kosong lekas jauh menepi
Sambut lembut jemari kasih Ilahi
Jika tinggi hati masih engkau geluti
Kesendirian itu terus menghampiri…

 

Wisma Antara
050708





July Morning

2 07 2008

There I was on a july morning 
Looking for love
With the strength
Of a new day dawning
And the beautiful sun

At the sound
Of the first bird singing
I was leaving for home
With the storm
And the night behind me
And a road of my own

With the day came the resolution
Ill be looking for you
La la la la

I was looking for love
In the strangest places
Wasnt a stone
That I left unturned
Must have tried more
Than a thousand faces
But not one was aware
Of the fire that burned

In my heart, in my mind, in my soul
La la la la

There I was on a july morning
I was looking for love
With the strength
Of a new day dawning
And the beautiful sun

And at the sound
Of the first bird singing
I was leaving for home
With the storm
And the night behind me
Yeah, and a road of my own

* Song by Uriah Heep