Secuil kegembiraan di ulang tahun ke-63 RI

19 08 2008

 

Banyak cara masyarakat menyambut dan meramaikan ulang tahun Republik Indonesia yang ke-63 ini, tak terkecuali di perumahan dimana saya tinggal. Atmosfir tujuhbelasan sudah terasa seminggu sebelumnya dengan ramainya warga memasang bendera merah-putih dan umbul-umbul.

Acara tahunan itu diawali dengan lomba gerak jalan sehat yang diikuti oleh kaum ibu pada pagi hari. Lomba gerak jalan menjadi menu wajib tiap tahun di erte kami. Karena selain tak memerlukan biaya besar, gerak jalan juga membuat badan sehat dan menumbuhkan sikap kebersamaan.

Saya dan Kemal, anak saya yang tiap ahad pagi rutin berlari pagi bersama mendadak mengurungkan acara jogging dan segera bergabung dengan kaum ibu. Bukan apa-apa, karena kepengen meramaikan perlombaan ini, juga rute yang diambil lumayan jauh, sehingga saya pikir keringat yang dikeluarkan sama juga dengan berlari pagi.

Ahad berikutnya yang bertepatan dengan tanggal 17 Agustus diadakan bazar. Lebih tepatnya jualan murah yang dilakoni ibu-ibu, karena partisipan yang ambil bagian nggak begitu banyak dan barang yang didagangkan hanya berupa makanan dan pakaian.

Namun biar begitu acara ini terbilang sukses. Semua jenis jajanan yang dijual seluruhnya “sold-out”. Yang berjualan pakaian juga ikut menikmati pasar murah ini, karena beberapa potong pakaian juga ikut terjual. Acara kaum ibu ini menuai sukses, meski cuma delapan booth yang ambil bagian. Untuk tahun depan sepertinya lebih bagus jika lebih banyak yang berpartisipasi dan barang yang dijual lebih bervariasi.

Kelar bazar digelar, acara selanjutnya adalah saat yang paling ditunggu anak-anak. Apalagi kalau bukan acara perlombaan. Sayang perlombaan makan kerupuk yang justru banyak menyedot perhatian warga tidak diadakan.

Kebetulan juga dua anak saya, Kemal dan Ratri ikut serta dalam dua macam lomba, yakni lomba memasukkan bendera ke dalam botol dan memasukkan pensil ke dalam botol. Di event memasukkan pensil ke dalam botol, Kemal dapat juara satu, sementara adiknya juara dua. Namun di lomba memasukkan bendera ke dalam botol, justru Ratri yang menjadi juara satu, sedangkan Kemal tidak dapat apa-apa. Alasannya Kemal nggak juara adalah karena badannya yang tergolong subur, sehingga larinya agak susah.

Mewarnai gambar adalah perlombaan yang terakhir buat anak-anak. Lomba ini diadakan setelah seluruh kegiatan perlombaan selesai dihajat. Kemal dan Ratri juga ikut ambil bagian lomba ini. Meski tak menyabet juara, namun setidaknya mereka sudah menunjukkan hasil terbaiknya. Wal bil khusus buat si imut, Ratri yang baru berumur empat tahun, tapi sudah berani ikut lomba.

Menjelang adzan Zuhur selesai sudah keseluruhan acara perlombaan. Tiap-tiap anak merasa puas, meski ada yang tidak mendapatkan juara. Tapi setidaknya mereka ikut merasakan secuil kegembiraan atas ulang tahun negara mereka tercinta, Indonesia.

Acara memperingati ulang tahun ke-63 RI di tempat kami benar-benar diadakan secara estafet. Setelah pagi dan siang hari diisi berbagai macam acara, malam harinya juga diadakan malam kebersamaan warga. Malam itu sepanjang jalan utama kompleks kami digelar tikar dan karpet. Semua warga yang tergabung dalam satu erte, RT 05/10  “tumpleg-bleg” memenuhi jalan ini.

Warga yang tiap harinya jarang bertemu, di malam ini seolah menjalani acara reuni. Aneh memang, karena hanya setahun sekali mereka baru bisa berkumpul seperti kali ini. Ada sekitar 300 jiwa yang menyambangi event ramah-tamah ini. Bahkan beberapa warga yang bukan masuk ke dalam erte kami ikut merasakan kegembiraan.

Setelah beberapa kata sambutan dari ketua erte dan dari pihak panitia, acara ditutup dengan makan malam bersama. Makan malam yang menyatukan kebersamaan kami. What an uniting supper. Biaya buat acara ini adalah hasil dari sumbangan para ibu-ibu dan juga kedermawanan beberapa warga.

Malam kebersamaan warga itu akhirnya menjadi puncak acara tujuh-belasan di erte kami. Meski sangat sederhana,  tanpa panggung hiburan dan organ tunggal, namun di usia Indonesia yang ke-63 tahun ini, secuil kegembiraan itu masih kami rasakan. (*)

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: