BRIC-MIT atau BRIC-VISTA?

14 01 2009

Pernah mendengar kode khusus BRIC-MIT, atau BRIC-VISTA? Perlu diketahui, dua akronim diatas telah menjadi “pembicaraan umum” para ekonom dunia, dan telah dibahas di berbagai seminar dan workshop sejak beberapa lama. Tidak hanya para ekonom, para pengambil kebijakan di berbagai bidang pun rupanya sudah mulai ambil ancang- ancang dan melakukan tindakan antisipasi.

Benar, BRIC adalah Brasil, Russia, India, China. Tak masalah kenapa China ditempatkan paling akhir, toh ini hanya untuk memudahkan sebutan. Lalu MIT adalah singkatan dari Mexico, Indonesia, Turkey.

Sedang VISTA singkatan dari Vietnam, Indonesia, South Africa, Turkey, dan Argentina. Memang, dua kubu besar menganggap bahwa BRIC-MIT lebih rasional mengingat studi terakhir kondisi ekonomi makro terhadap ketujuh negara itu menunjukkan bahwa mereka mempunyai kapasitas, kesempatan, dan dukungan lebih dibandingkan VISTA. Bagi kubu pendukung VISTA, menurut mereka sebaliknya.

Tapi apapun itu, sangat menarik mencermati bahwa ternyata, baik BRIC-MIT maupun BRIC-VISTA, keduanya mencantumkan 6 negara yang selalu dinominasikan, yakni :
1. Brasil
2. Rusia
3. India
4. China
5. Indonesia
6. Turkey

Rasanya tidak perlu lagi membahas BRIC-nya, dan tidak perlu juga membahas bagaimana para pemerhati, peneliti, dan pengamat ekonomi menempatkan Indonesia di posisi ‘elit’ itu.

Perlu digarisbawahi bahwa all those 6 countries are considered to world’s premier grouping of emerging economies with huge development potential.

Di Vietnam, isu ini diangkat ke publik oleh pemerintah, dan telah menjadi sebuah injeksi nasional untuk memperkuat percaya diri mereka. Namun, adakah media tanah air yang mengangkat isu ini sebagai berita penting?  Bravo Indonesia! (akhyari.blogspot.com)

Iklan

Aksi

Information

3 responses

4 02 2009
akhyari

makasih, mas. Kunjungi lagi website saya
http://www.myindonesia.co.nr

16 02 2009
Cornhead

Tinggal bagaimana para elit politik ‘menyikapi’ prospek ini dengan memisahkan masalah politik dan ekonomi.

18 02 2009
imung murtiyoso

Bung cornhead,
kebiasaan yang nggak pernah hilang dari elit adalah mereka lebih mementingkan kelompoknya dibanding kesejahteraan rakyat umum.

Kadang prospek bagus menjadi mentah lagi karena ulah segelintir elit.

thanks.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: