Masih ada orang baik di Jakarta

17 03 2009

Kejadiannya sore kemarin (16/3), saat gue pulang cari sesuap nasi segenggam berlian :).

Menjelang maghrib gue yang pulang dengan motor udah ceritanya udah sampe kampung Bulak, Klender. Mengejutkan tiba-tiba tali kopling motor gue putus.

Gue bingung, kenapa nih tali kopling tau-tau putus, padahal suasana di jalanan udah temaram karena menjelang malam. Yah… jalan satu-satunya mesti didorong nih motor.

Tapi dorong sampe mana? Wong, kejadiannya di Klender, sedang rumah gue di Bekasi. Udah gitu arah pulang jelas nggak ada “kehidupan”. Pasalnya, pararel sama rel kereta. Udah gitu mana mungkin ada bengkel yang masih buka.

Kayaknya daripada mikirin yang kayak gitu, bakalan gue nggak nyampe rumah. Terpaksa dengan sisa tenaga yang ada gue tuntun tuh si kuda besi. Dapat seratus meter gue istirahat sebentar. Jalan lagi. Gue mikir, kalo gue dorong sampe rumah bisa-bisa nyampe jam sembilan malam.

Lagi asyiknya gue ngedorong motor, ujug-ujug ada suara dari belakang yang menegor gue. “Mas motornya kehabisan bensin ya,”? tanyanya.

Gue langsung muterin kepala gue ke belakang. Ternyata ada seorang anak muda berjaket kulit, rambut gondrong, bercelana jins sedengkul yang robek-robek. Dia pake motor dua tak yang bunyinya lumayan manasin kuping. “Enggak nih cuma tali koplingnya putus,” jawab gue sambil kasih tampang sangar juga.

“Di sini nggak ada bengkel yang bang,”?  Kali ini gue yang nanya. “Enggak ada mas, udah pada tutup, ada paling di Buaran,” sahutnya. Di Buaran? Wah bakalan gue ngedorong lebih jauh lagi nih.

“Kalo gitu biar saya dorong aja, udah mas naikin motornya aja,  saya yang ngedorong” pintanya.

Tanpa tanya lagi langsung gue nyemplakin tuh motor sambil dalam hati berpikir, gue bakal dipalak berapa nih ditolong sama anak muda ini.

Selama perjalanan gue diam aja, gue cuma berdoa mudah-mudahan dia nggak minta macam-macam. Tapi gue udah berjanji bakalan ngasih nih orang barang sepuluh ribu. Yang penting gue dianterin sampe ke bengkel yang terdekat.

Lumayan juga jarak dia ngedorong motor gue. Ngedorongnya pake kaki lagi. Ada kira-kira satu kilo meteran. Dari Bulak ke Buaran. Mungkin bisa juga lebih.

Menjelang Buaran, anak muda itu tau-tau bilangin ke gue, “Mas di sebelah kanan ada bengkel yang masih buka. Saya mau belok kiri”.

Gue yang awalnya niat mau ngasih dia tanda terima kasih, nggak bisa ngomong apa-apa, karena dia langsung belok kiri nyeberangin rel kereta api.

Asli gue bingung, tuh orang koq baik banget. Padahal tampangnya preman banget. Gue yang awalnya emang rada-rada curiga, akhirnya cuma mengernyitkan dahi.

Di ibukota yang warganya berprinsip “elu-elu gua-gua” ternyata masih bisa dijumpai orang baik kayak anak muda tadi.

Ah… memang semestinya “don’t judge a book by its cover”. (*)

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

